Amazon Contextual Product Ads

Sabtu, 18 Juni 2011

BUMI YANG LEBIH BAIK - bag-4dan5

Dalam Perjalanan :
33. Berlibur akan sangat meningkatkan Jejak Karbon Anda. Terutama jika dilakukan dengan menggunakan pesawat udara. Berliburlah di dalam negeri dan gunakanlah transportasi darat ! Hal ini dapat mengurangi banyak sekali emisi karbon. Pesawat terbang merupakan penyumbang gas rumah kaca yang lebih signifikan daripada mobil atau kendaraan darat lainnya.

34. Kurangi perjalanan bisnis Anda. Teknologi sekarang memungkinkan untuk melakukan teleconference, juga menyediakan begitu banyak metoda berkomunikasi via internet. Ditambah lagi dengan makin murahnya biaya internet, Anda akan menghemat banyak pengeluaran perjalanan Anda, dan tentunya mengurangi Jejak Karbon Anda secara signifikan. Pengecualian dapat dilakukan untuk transaksi yang membutuhkan tanda tangan Anda atau yang benar-benar membutuhkan kehadiran Anda.

35. Gunakanlah handuk hotel Anda lebih dari 1 (satu) hari karena Anda akan menghemat salah satu sumber daya terpenting yaitu air dan juga mengurangi pencemaran akibat deterjen yang dipakai. Lebih jauh lagi, Anda menghemat energi dari mesin pencuci dan pengering yang digunakan.

Ketika Mengemudi :
36. Gunakan mobil antar jemput untuk sekolah anak Anda, hal ini akan sangat mengurangi beban BBM Anda, sopir, dan cicilan kendaraan. Jika belum ada, mungkin Anda bisa memulainya, dan menjadikan sebagai bisnis Anda.

37. Kecil itu indah dan hemat. Jika Anda tidak bisa lepas dari penggunaan mobil, gunakanlah city car atau mobil dengan bahan baker bio fuel, elektrik, hirida, bahkan hydrogen, tergantung dari kemampuan Anda masing-masing. Tidak perlu membeli SUV besar 4 x 4 jika Anda tidak bekerja di pertambangan atau perkebunan. Gunakan kendaraan hibrida bila Anda mampu membelinya.

38. Ganti bahan baker Anda, gunakanlah bahan baker alami atau yang dapat diperbaharui (di Indonesia tersedia bio solar dan bio pertamax). Luar biasa jika Anda bisa menggunakan bahan baker hidrogen.

39. Cek tekanan angin ban dan jadwal service mobil Anda. Dari beberapa survey dipercaya menjaga kondisi mobil Anda pada kondisi optimal akan menghemat 5% penggunaan bahan bakar Anda.

40. Sewa mobil saat diperlukan. Jika mobil bukan sarana utama Anda maka menyewa adalah pilihan yang baik. Termasuk jikaAnda hanya memerlukan kendaraan besar (family car atau SUV) untuk beberapa kesempatan saja. Penghematan dari cicilan ataupun bahan bakar harian Anda akan sangat terasa.

41. Matikan mesin saat menunggu di sekolah anak Anda atau saat terjadi kemacetan total. Ini sangat sering terjadi. Panas saat menunggu bisa dikurangi dengan menggunakan kaca film yang baik atau penghalang matahari yang banyak dijual di toko asesoris mobil. Atau parkirkan mobil Anda di tempat yang rindang.

42. Berbagilah ! Carilah rekan kerja, teman yang wilayah kerjanya sejalan dengan tujuan kerja Anda. Anda bisa berbagi biaya perjalanan dengan mereka.

43. Belajarlah cara mengemudi yang baik. Ganti persneling lebih awal bisa mengurangi konsumsi BBM hingga 15%. Jika mendekati kemacetan atau lampu lalulintas berhentilah perlahan bukan dengan rem mendadak. Hindarilah mengemudi dengan kasar. Pindahkan gigi saat mencapai 2500-3000 rpm. Dan mengemudilah di batasan 1500-3000 rpm saja, beberapa survey mendapatkan hasil yang memuaskan dalam penghematan BBM pada rentang tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar